Situs Web Kepustakaan

Tokoh Perfilman Indonesia

Hasil Kerjasama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan Sinematek Indonesia

Mieke Wijaya

Film

Rubrik ini telah dikunjungi
56 kali

 

 

BERANDA BIOGRAFI FILM FOTO ARTIKEL PENGHARGAAN

Detail Cantuman

Film

↖ kembali

Sumber Katalogisasi :

JKPNPNA

Sutradara :

Buce Malawau, 1949 -

Produser :

Pan Asiatic Film, PT., Isae Film, PT. (Jaja Sudiaman, Alex Tedja).

Judul :

Beri Aku Waktu/ Sutradara : Buce Malawau

Keterangan Publikasi :

1986

Deskripsi Fisik :

Film Warna; 90 menit

Catatan - Umum :

Unggulan, FFI 1986, untuk Cerita, Pemeran Utama Pria (Mathias Muchus), Pemeran Pembantu Pria (Pitrajaya Burnama), Pemeran Pembantu Wanita (Rina Hassim).

Abstrak / Ringkasan :

Mario (Mathias Muchus), pemuda Ambon, hanya tahu bahasa otot. Kakaknya dikeroyok orang, dia hadapi para pengeroyok. Adiknya dibawa pacaran ke pantai, dia hajar pacarnya, dan dia bakar mobilnya. Tapi, masalah terbesarnya adalah ayahnya, Pieter Matulessy (Pitrajaya Burnama), yang sejak kecil mendidiknya secara keras, tanpa memperlihatkan rasa sayang sama sekali. Mario berontak. Ayahnya makin benci, apalagi di luar rumah kerjanya hanya berkelahi. Pekerjaan resminya pun hanya penjaga keamanan sebuah proyek bangunan. Perkenalannya dengan Susan (Ira Wibowo), gadis Indo-Jawa sebenarnya mulai mengubah sikapnya, tapi Susan lebih menurut orangtuanya yang menjodohkan dengan Broto (Johan Saimima), yang belakangan ketahuan sudah menghamili gadis lain. Persoalan makin menumpuk. Ayahnya pergi dari rumah setelah bertengkar keras dengan Mario. Mario harus mengganti mobil yang dibakarnya. Dia mencari surat rumah, hingga akhirnya berkelahi dengan abangnya. Herman (Leroy Osmani), pacar adiknya yang mobilnya dibakar, akhirnya mengeroyok Mario dan menusuknya. Peristiwa terakhir ini membuat semua pihak berubah. Ada terselip kritik terhadap budaya etnis Maluku, yang jadi latar belakang kisah, dan sedikit perbandingan dengan Jawa, Batak, Padang dll.

Subjek / Kata Kunci :

Film Warna

Drama

Alex Tedja

Mieke Wijaya, 1940-

Pemeran Utama :

Mathias Muchus, Ira Wibowo, Rina Hassim

Pemeran Pembantu :

Pitrajaya Burnama, Ronald Kansil, Adi Kurdi, Leroy Osmani, Johan Saimima, Mieke Wijaya, Teddy Mala, Anton Sumadi, Grace Simon, Fritz G Schadt, Dewanti Bauty, Soerip, Ras Barkah, Ari Tandi, Abizar.

Pembuat Skenario :

Buce Malawau

Pembuat Cerita :

Buce Malawau

Penata Artistik :

Djufri Tanissan

Penata Suara :

Zakaria Rasyid

Penata Musik :

Suka Hardjana

Penata Foto :

Harry Samara

Badan yang memiliki :

Sinematek Indonesia

Sumber Informasi :

Sinematek Indonesia

↖ kembali